Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas ! 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan di Investasi Crypto

Cryptocurrency merupakan salah satu bentuk investasi yang saat ini banyak digemari. Namun, sama seperti instrumen investasi lainnya, masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam transaksi cryptocurrency.

Kesalahan ini memang dapat berakibat fatal, lho. Pada skenario terburuk, bisa saja kamu kehilangan dana dalam jumlah besar.

Maka dari itu, kami akan menjabarkan apa saja kesalahan yang perlu dihindari saat berinvestasi cryptocurrency dan trik menghadapinya di bawah ini.

1. Tidak memahami profil investor terlebih dahulu

Dalam investasi cryptocurrency, jika tidak mengidentifikasi profil investor dan menyusun strategi berdasarkan profil tersebut adalah sebuah kesalahan.



Maka, dilansir dari Finance Magnates, iniilah tiga jenis profil investor yang patut kamu tahu.

  • Konservatif, yaitu jenis profil investor yang cenderung tidak ingin terkena risiko. Biasanya, investor seperti ini sebagian besar memegang aset yang dianggap berharga berdasarkan rencana apresiasi jangka panjang dan jarang sekali memilih cryptocurrency sebagai aset investasi.
  • Moderat, yaitu individu yang memiliki posisi berbeda dalam portofolio mereka, sedikit variasi dalam hal aset dan yang mengikuti strategi berbeda yang melibatkan perdagangan dan hodling. Sebagian besar investor cryptocurrency adalah investor dengan profil moderat.
  • Trader atau individu yang menjelajahi fluktuasi pasar cryptocurrency untuk mendapatkan keuntungan dari operasi jangka pendek. Seorang trader cenderung lebih banyak mendapatkan keuntungan dari cryptocurrency.

Setiap profil investor memiliki risikonya masing-masing. Kamu harus memahami kemampuanmu sebagai investor dan risiko yang bisa kamu ambil sebelum memulai investasi cryptocurrency.

2. Berpikir bahwa investasi cryptocurrency tidak berisiko

Kesalahan lain yang perlu dihindari, menurut Yahoo adalah beranggapan bahwa cryptocurency adalah investasi yang tidak berisiko. Padahal ada banyak risiko yang perlu diwaspadai ketika berinvestasi cryptocurrency.



Pertama, harga cryptocurrency dapat sangat fluktuatif. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan harga sebuah cryptocurrency melejit naik atau terjun bebas. Mulai dari pemberitaan di media, spekulasi, hingga ketersediaan cryptocurrency itu sendiri.

Sebagai investor, kamu harus bisa memahami hal-hal tersebut sebelum mengambil keputusan investasi cryptocurrency.

Selanjutnya adalah risiko keamanan. Meski cryptocurrency telah dilengkapi dengan teknologi blockchain yang terenkripsi, bukan berarti akun cryptocurrency tidak dapat dibajak atau dicuri.

Untuk itu, pastikan bahwa transaksi cryptocurrency yang kamu lakukan telah benar-benar aman.

3. Terjebak spekulasi

Melakukan investasi cryptocurrency berdasarkan spekulasi merupakan salah satu kesalahan, dikutip dari Nasdaq.

Kesalahan ini dapat membuatmu berakhir membeli cryptocurrency di harga yang tinggi atau menjualnya di harga yang rendah.

Banyak pemula yang  hanya ingin mendapat untung tanpa memikirkan prospek masa depan dari koin yang dibeli atau faktor apa yang sebenarnya mendorong harga koin lebih tinggi.

Pasar cryptocurrency mudah berubah sehingga cukup sulit untuk memprediksi pergerakan harga di masa depan. Fenomena-fenomena tertentu seperti pernyataan Elon Musk dapat mengubah harga cryptocurrency di pasaran.

Untuk menghindari kesalahan ini, kamu harus mampu membaca dan memahami situasi terkini di pasar cryptocurrency. Termasuk, ssituasi ekonomi dan politik terkini yang dapat mempengaruhi pasar cryptocurrency.

4. Hanya berinvestasi di satu koin cryptocurrency saja

Sepertinya halnya kesalahan investasi lain, berinvestasi pada satu jenis koin cryptocurrency bukanlah keputusan yang bijak. Berinvestasi hanya pada satu koin dapat merusak aset dan rencana investasi masa depanmu.

Sebaliknya, pecah investasi cryptocurrency-mu pada berberapa jenis koin. Ini akan meminimalisir risikomu mengalami kerugian ketika harga salah satu koin yang kamu investasikan mengalami penurunan.

Meskipun Bitcoin masih menjadi primadona cryptocurrency saat ini, tidak ada salahnya untuk berinvestasi pada beberapa jenis koin lainnya yang potensial. Misalnya, Ethereum, Altcoin, Cardano, atau Matic.

Memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan di atas akan mengurangi risikomu mengalami kerugian saat investasi cryptocurrency. Kamu juga perlu mempelajari berbagai strategi agar bisa melakukan investasi dengan tepat.



Posting Komentar untuk "Awas ! 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan di Investasi Crypto"